Analisis Industri Ritel Indonesia

minimarketMasyarakat perkotaan kini dimanjakan oleh kehadiran berbagai pusat  perbelanjaan. Bahkan lokasinya kadang-kadang di satu kawasan. Kondisi ini sangat menguntungkan karena masyarakat tinggal memilih gerai mana yang akan dimasukinya. Ritel merupakan mata rantai yang  penting dalam proses distribusi barang dan merupakan mata rantai terakhir dalam suatu proses distribusi. Melalui ritel, suatu  produk dapat bertemu langsung dengan  penggunanya.

Industri ritel di sini didefinisikan sebagai industri yang menjual produk dan jasa pelayanan yang telah diberi nilai tambah untuk memenuhi kebutuhan pribadi, keluarga, kelompok, atau pemakai akhir. Produk yang dijual kebanyakan adalah pemenuhan dari kebutuhan rumah tangga termasuk sembilan bahan pokok. Industri ritel di Indonesia memberikan kontribusi yang besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan juga menyerap tenaga kerja dalam  jumlah yang besar. Sebagai negara yang membangun, angka pertumbuhan industri ritel Indonesia dipengaruhi oleh kekuatan daya beli masyarakat, pertambahan jumlah  penduduk, dan juga adanya kebutuhan masyarakat akan pemenuhan produk konsumsi. Kehadiran industri ritel modern  pada dasarnya memanfaatkan pola belanja masyarakat terutama kelas menengah ke atas yang tidak mau berdesak-desakan di dalam pasar tradisional yang biasanya  becek atau tidak tertata rapi. Walaupun kehadiran ritel modern ini disoroti dapat mematikan pasar tradisional karena mempunyai keunggulan pada banyak faktor, perkembangannya sendiri dapat dikatakan tidak terbendung.

Perkembangan ritel yang begitu signifikan di negeri ini, membuat para pelaku usaha ritel harus siap dalam bersaing untuk meningkatkan mutu pelayanannya kepada publik. Baik dalam segi internal (administrasi) dan juga eksternal. Indie Software sebagai pengembang dan penyedia jasa pembuatan aplikasi desktop dan pembuatan aplikasi web, menyediakan software atau program untuk membantu para pelaku ritel dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan dapat memudahkan pekerjaan didalam usaha ritel, sehingga usaha tersebut lebih tertata dan efisien. Jika anda adalah salah satu pelaku usaha ritel, maka program kami ini wajib anda miliki, anda dapat mempelajarinya di web kami www.indieprogram.com

Telepon : 0274-918-8652
Hp          : 0812-1652-1960
Email     : indiesoft14@gmail.com

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar